Look This Site and See This World !!!

Sabtu, 09 April 2011

CN Tower/Menara CN

 

CN Tower/Menara CN adalah menara tertinggi di dunia (akan menjadi kedua di dunia, jika Guangzhou TV & Sightseeing Tower selesai), yang tingginya 553.33 meter. Menara ini terletak di kota Toronto, Ontario, Kanada, dan dianggap sebagai ikon kota tersebut (Koordinat: 43°38′33.24″LU,79°23′13.7″BB).


CN Tower di bangun pada tanggal 6 Februari 1973 dan selesai pembangunannya pada tahun 1976. CN Tower di buka untuk umum pada tanggal 26 Juni 1976 dengan total biaya konstruksi sekitar 63 Juta dolar kanada dan memiliki 147 Lantai.


CN Tower terdiri dari beberapa struktur. Bagian utamanya adalah pilar beton yang ditempati oleh elevator, tangga, serta koneksi listrik dan air.

Di bagian atas terdapat sebuah antena mental setinggi 102 m, yang meneruskan sinyal-sinyal televisi dan radio.

Juga terdapat dua wilayah untuk pengunjung, tujuh lantai pada ketinggian 330 m dan SkyPod di ketinggian 447 m, tepat di bawah antena.

Dari SkyPod, jarak pandang dapat mencapai 100-120 km di hari yang cerah bahkan mungkin dapat melihat sedikit dari kota Rochester, New York di Amerika Serikat yang terletak di seberang Danau Ontario.

Pada ketinggian 342 m, terdapat Glass Floor atau lantai kaca dan dek pengamatan terbuka. Lantai kaca, di mana pengunjung bisa melihat langsung ke bawah, melingkupi daerah seluas 23,8 m² dan bisa menahan beban 4.137 kPa atau 14 kuda nil besar.

Di CN Tower, terdapat tangga dengan 1.776 anak tangga yang dapat digunakan untuk mencapai SkyPod. Tangga tersebut adaalah tangga metal tertinggi di dunia, fungsi utamanya adalah untuk keadaan darurat dan tertutup untuk umum. Tangga itu hanya dibuka dua kali dalam setahun untuk acara lomba naik tangga, yaitu pada Hari Bumi yang diselenggarakan oleh WWF pada musim semi dan oleh United Way pada musim gugur.

Dari CN Tower, kita dapat terlihat pemandangan kota Toronto, bahkan pemandangan siluet saat matahari tenggelam.Selain itu, kita dapat melihat keindahan kota di waktu malam dari ketinggian kurang lebih 553,33 meter.



CN Tower juga memiliki pemandangan yang bagus di malam hari.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar