Look This Site and See This World !!!

Rabu, 20 April 2011

Tembok Raksasa Cina/长城



Tembok Besar Cina merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia.


Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Cina (長城/长城 [Chángchéng]), juga dikenal di Cina dengan nama Tembok Raksasa Sepanjang 10.000 Li¹ (萬里長城; 万里长城; Wànlĭ Chángchéng) merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Republik Rakyat Cina. Panjang Tembok ini  adalah 6.400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat) dan tingginya 8 meter dengan tujuan untuk mencegah serbuan bangsa Mongol dari Utara pada masa itu. Lebar bagian atasnya 5 m, sedangkan lebar bagian bawahnya 8 m. Setiap 180-270 m dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut adalah 11-12 m.



Tembok yang merupakan bangunan buatan manusia terbesar di dunia dibangun untuk melindungi perbatasan utara Imperium Cina. Kalangan arkeolog telah melobi untuk survey itu agar bisa menyediakan para ahli dengan pemahaman akurat konstruksi tembok itu.
 
Di Cina tembok ini dikenal sebagai “tembok panjang 10.000 Li”.  Tembok Besar Cina ini tidak lain adalah serangkaian tembok dan karya yang dimulai abad ke-5 dan pertama kali dihubungkan di bawah Qin Shi Huang sekitar 220 SM. Tembok Cina itu dimasukkan oleh Unesco sebagai situs warisan dunia tahun 1987.



Tembok yang tak putus-putus hingga tampak seperti naga yang sedang tidur di daratan Tiongkok ini melintasi wilayah Liaoning, Hebei, Tianjin, Beijing, Shanxi, Inner Mongolia, Shaanxi, Ningxia, dan Gansu.

Para pengunjung tak mungkin menyusuri seluruh tembok karena hanya sekitar 10 kilometer saja yang terbuka untuk umum. Tembok sepanjang itu bisa dicapai dalam waktu sekitar 4,5 jam.




Rasa lelah memang langsung meyergap begitu sampai di atas tembok. Tapi, pemandangan yang membuat banyak orang secara tak sengaja mengucapkan kata "Wow!", ternyata jadi obat mujarab. Tubuh yang loyo berangsur-angsur segar kembali. Panorama alam yang membentang di depan mata benar-benar memukau.




5 komentar: