Look This Site and See This World !!!

Rabu, 30 November 2011

Banaue Rice Terraces

Teras Sawah Cordillera Filipina*
Situs Warisan Dunia UNESCO

Teras Sawah Banaue, Propinsi Ifugao, Filipina.
Negara Peserta  Filipina
Tipe Kultural
Kriteria iii, iv, v
Referensi 722
Wilayah Asia-Pasifik
Sejarah prasasti
Prasasti resmi 1995  (sesi Ke-19)
Terancam 2001-

Banaue Rice Terraces (Bahasa Tagalog : Hagdan-hagdang Palayan ng Banaue), yang juga disebut dengan nama Payew, adalah sawah irigasi kuno yang berumur 2000 tahun yang terletak di gunung Ifugao Filipina. Tidak muluk-muluk, tapi Filipina merasa cukup puas seandainya Banaue Rice Terraces ditempatkan sebagai “Keajaiban Dunia ke Delapan”. Diperkirakan, sawah yang ‘diukir’ di gunung Ifugao ini, dibuat dengan peralatan yang sangat tradisional oleh nenek moyang bangsa Filipin. Sawah petak ini berada di 1.500 meter (5000 kaki) di atas permukaan laut dan mengelilingi lereng gunung sejauh 10.360 kilometer persegi (sekitar 4000 mil persegi). Sistem irigasi mengairi lahan persawahan ini dari hutan hujan di puncak pegunungan.

Yang luar biasa, nenek moyang sudah mengatur sedemikian rupa pengairan sawah yang berasal dari hutan yang berada atas persawahan itu. Penduduk setempat sampai hari ini masih menanam padi juga sayuran di sawah itu.

Erosi, merupakan salah satu ancaman bagi keberadaan sawah kuno ini. Karenanya, pemerintah juga warga sekitar sangat peduli hal ini, perawatan serta rekonstruksi dilakukan terus menerus, untuk menjaga kelestariannya.

Berikut beberapa gambar Banaue Rice Terraces





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar