Look This Site and See This World !!!

Kamis, 24 Maret 2011

Menara Tokyo/Tokyo Tower


Menara Tokyo (東京タワー Tokyo Tower) adalah sebuah menara di Taman Shiba, Tokyo, Jepang. Tinggi keseluruhannya adalah 332,6 m dan merupakan bangunan menara baja tertinggi di dunia yang tegak sendiri di permukaan tanah. Berdasarkan peraturan keselamatan penerbangan, menara ini dicat dengan warna oranye internasional dengan warna putih di beberapa tempat. Bangunan sekelilingnya lebih rendah, sehingga Menara Tokyo bisa dilihat dari berbagai lokasi di pusat kota.

Menara Tokyo terkenal sebagai simbol kota Tokyo dan objek wisata daripada fungsinya sebagai menara antena pemancar TV analog (UHF/VHF), TV lokal digital, dan radio FM. Selain itu, perusahaan KA East Japan Railway menggunakan menara ini untuk meletakkan antena radio sistem darurat kereta api, dan sejumlah instrumen pengukuran dipasang oleh Kantor Lingkungan Hidup Metropolitan Tokyo.

Meskipun hanya piranti penunjang komunikasi menempel di menara ini, Tokyo Tower ternyata menarik perhatian ribuan wisatawan. Alasannya, meski hanya sebuah menara, Tokyo Tower ternyata menawarkan berbagai pesona.Pada bagian bawah tower terdapat Tokyo Tower Building setinggi lima tingkat. Dari lantai ke lantai menyuguhkan pemandangan luar biasa. Di lantai pertama terdapat akuarium yang berisi 50.000 ikan hias. Sementara di lantai-lantai berikutnya terdapat Wax Museum, the Mysterious Walking World, Trick Art Gallery (pameran lukisan 3 dimensi), panggung pentas Club 333, restoran dan tempat berjualan cinderamata. Jadi begitu kita menjejakkan kaki di sini, semua bisa dinikmati, termasuk belanja oleh-oleh. Khusus di lantai 5 tertutup bagi umum, karena dipenuhi perangkat penyiaran dari berbagai stasiun televisi.

Untuk menaiki menara dengan lift pengunjung bisa mencapai ruang observasi di puncak menara, tepatnya berada di ketinggian 120 meter-125 meter. Dari ruang observasi ini kita bebas menatap keindahan Tokyo berikut gedung pencakar langitnya, keruwetannya, kepadatannya, kawasan pemakamannya serta kemegahan istana kaisar. Satu lagi ruang observasi berada di ketinggian 223 m. Selama sepuluh tahun ruangan itu digunakan sebagai ruang penyimpanan alat-alat penyiaran.
Bila cuaca cerah, beberapa kawasan lain yang jauh dari Tokyo jelas terlihat, termasuk gunung Fuji, gunung Hakone, gunung Tsukuba, dll.


Kala matahari tenggelam hingga tengah malam, Tokyo Tower memancarkan gemerlap cahaya indah. Cahaya ini berasal dari ratusan lampu berwarna yang tertata di badan menara.
Ada 176 lampu Seratus tujuh puluh enam lampu sorot dipasang di berbagai bagian menara.

Warna lampu-lampu itu di tata sedemikian rupa berdasarkan musim atau tema tertentu.

Misalnya lampu oranye menyala di musim semi, gugur, dan dingin.

Lampu putih dinyalakan pada saat musim panas.

Sistem penerangan ini dilakukan sejak 1989.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar